Selasa, 11 Januari 2011

Check In

Oke, first of all, ini bukan check in seperti yg terjadi di hotel-hotel
Dan ya, gw ga pernah bawa anak org ke hotel, boro boro ke hotel ke pasar aja gw ngutang

Check in disini adalah salah satu fenomena baru dalam dunia social networking. Daripada gw njelasin panjang lebar disini yg bisa nyebabin jari-jari gw rematik karena kebanyakan ngetik, mending loe liat langsung di situsnya www.foursquare.com
Biasanya ni situs bisa diintegrasiin dengan situs social networking lain seperti pesbuk ato twitter. Sehingga kalo posting disana bakalan keposting juga di account pesbuk ato twitter loe. Contoh simpelnya kyk gambar dibawah ini:



Inilah keistimewaannya, ada fitur map yang dapat dipakai untuk memberitahu dimana lokasi kita sekarang, entah di rumah, sekolah, wc, ato ponten sekalipun. Pertamanya gw mikir, "gila ni aplikasi, keren banget, bisa ngetrace posisi kita sekarang dimana, kayak GPS!". Trus pikiran gw selanjutnya, "darimana ni aplikasi bisa tau ya? apakah ada device khusus didalam gadget kita? kayaknya ga deh, terakhir gw ngeliat laptop temen dibongkar adanya cuman mur, baut, sekrup dan komponen laptop standar lainnya (plus duit coz dia kagak bisa masang lagi dan harus diservice). Ato apakah ini semacam konspirasi? jadi pas kita lahir dokter segera menanamkan chip khusus agara keberadaan kita bisa dideteksi dimanapun?" sebelum imajinasi gw makin liar (misal ttg adanya keberadaan alien), temen gw boro boro ngejawab "itu kita sendiri yg masukin ka.."
Gw nggondok

So dalam pikiran gw, kenapa ni orang-orang seneng banget ikutan yg beginian yak? ampe tiap pindah tempat berapa meter aja uda harus cek in lagi. Setelah gw nanya ke beberapa orang-orang (termasuk orang pintar), gw nemu 2 faktor penting kenapa metode ini begitu populer:

1. Manusia sebagai makhluk sosial
Bukan, ni bukan pelajaran ppkn dadakan disini, tapi ini adalah tujuan dari social networking. Sama seperti kita bertanya kpda diri kita sendiri, "kenapa kita pasang status? kenapa kita ngetweet?". Jawabannya simpel, karena kita butuh perhatian orang lain. Ketika kita posting, dalam hati kita akan berharap, "kira-kira sapa y yg bakal komen?" ato "hehe tanggapan si x gimana ya?" ato yg lain-lain yg intinya kurang lebih sama. Mungkin ada beberapa org yg ga setuju, "gw ga tuh" ato "gw kan cuman sombong" (ada ga ya yg jawab gitu), tapi sebenrnya motif utamanya tetep socialization. Hal yg sama terjadi juga pada fenomena cek in. Bedanya ada kepuasan tersendiri ketika kita memberitahu org lokasi kita dimana, seperti:

I'm at home
I'm at kampus --> gw rajin lo
I'm at Singapore --> gw bisa keluar negeri lo (weekk, lo kagak bisa :p)
I'm at toilet 105 --> don't disturb me, still doing very important job
dan masih banyak lagi motif-motif dan kebanggaan ketika kita memberitahu lokasi kita. From my opinion as a human, it's really fun, apalgi ketika gw bisa cek in dimana aja, apapun tempatnya (itulah kelebihan foursquare)

Pas gw lagi makan di angkringan bareng temen gw si whe, zikri n chocho, tiba2 si whe dan zikri ngeluarin ponselnya bebarengan.
Gw: "mau cek in wal? emang ada ya angkringan di peta?"
Whe: "tunggu, cek dulu.."
Zikri: "ada kok,ada tiga malah, majornya si ... "
dalam hati gw, buset ampe warung beginian aja ada di peta, jgn2 pas gw lagi di toilet umum lap.gasibu, ada juga ntar ntu toilet lengkap dengan majornya adalah si penjaga toilet

2. It's a game!
Siapa yg ga suka game? bokap gw aja masih seneng kok, walopun emang sekelas mario bros aja gamenya. But it's proof that everyone love a games. Itu juga yg dilakuin foursquare. Mereka membungkus social networking mereka seperti sebuah game. Lagi-lagi ada dua faktor:

a. Major
Orang-orang suka menjadi terkenal, ato dgn kata lain dikenal oleh org lain. Konsep major memanfaatkan hal itu. Dalam foursquare, major adalah org yg menguasai daerah itu ato org yg paling sering cek in di daerah itu (CMIIW). Impelentasinya adalah ketika cek in kita akan melihat major di daerah situ
"Ni siapa ya?"
"Cew ato cow ya?"
"Cakep ga ya?"
"Rumahnya dimana ya?"
Otomatis terkenal selama beberapa detik (yg penting terkenal)

b. Badge
Satu lagi faktor yg memanfaatkan keunikan manusia. Org2 biasanya suka dengan collectibe item. Pas gw maen final fantasy, gw pasti akan ngejer banget buat ngedapetin semua armor dan weaponnya, apalgi weapon yg terkuat, apapun caranya. Foursquare juga begitu. Ada badge2 tertentu yang akan didapatkan ketika kita cek in di tempat tertentu, ato cek in secara berapa kali berturut-turut. Contoh ekstrimnya adalah si whe yg dia sempet-sempetnya cek in di masjid sebelum jumatan, astaga..
Gw sih ngerasa ni faktor pendorong terbesar orang jadi rajin cek in. Rasa penasaran ttg "duh, gmn y bisa dapet badge kyk gitu?" muncul kembali, sama kayak pas main game. Gw kadang penasaran dan pgn cek in di tempat yg aneh (misal di atas tower), sapa tau dapet badge yg langka, tapi ntar malah dikira mau bunuh diri

Fenomena foursquare ini sebenrnya cukup mengganggu gw dari segi knowledge gw sebagai security analyst. Menunjukkan lokasi dimana kita berarti juga menunjukkan kelemahan kita. Contoh yg paling nyata adalah kalo misalnya loe lagi selingkuh. Karena kegemaran loe cek in yg mengakibatkan cew loe yg asli jadi tau posisi loe dan ngedamprat secara terang-terangan on the spot
.........
Cew: "Dasar cow brengsek! pembohong! ternyata km gini ya!!"
Cow: "Tunggu2, kok kamu tau aku disini?"
Cew: "Aku liat dari foursquare kamu!!"
........
mampus abis

Ato ketika loe lagi keluar rumah, trus tiba2 ada maling yg baca postingan foursquare loe dan dia jadi tahu kalo lagi ga dirumah, berabe kan? (btw, tuh maling keren amat yak?)

Heheee, itu contohnya..

Eniwei, gw lagi holiday dan gw serasa hanya berpindah tempat ikik dari kosan ke rumah =___=
Happy holiday everyone!

Eka just checked in @WC rumah sendiri (Surabaya, Indonesia)

1 komentar:

  1. hahahahaa.. setuju banget apa yang ada di pikiran lo ka....

    keep posting on your own blog!

    BalasHapus