Jumat, 31 Desember 2010

Refleksi Garuda

Huft..

Abis juga euforia sepakbola piala AFF kemaren. Rasanya gw masih pengen ngelantur ke kosan temen cuman gara-gara pengen numpang liat tv. Maklum kosan temen selalu lebih enak (buat diberantakin) daripada kosan sendiri.

Kalo masalah piala AFF gw masih inget jaman2 piala itu namanya masih piala Tiger. Jaman2 itu adalah masa jahiliyah timnas Indonesia, mungkin bisa dikategorikan itu adalah ababilnya timnas.  Gw masih inget betul pas gw masih SD, ada pertandingan piala tiger antara Thailand dan Indonesia. Waktu itu timnas bener2 digunduli Thailand dengan skor Thailand 10 berapa gitu. Gw waktu itu dirumah temen trus kebetulan channel tvnya lagi nyetel pertandingan itu. Lima menit ngeliat dan gw ga kuat lagi buat ngeliat. Mending gw maen gundu dah daripada nonton (sori, no offense).

I mean, permainan mereka waktu itu emang jelek. Walaupun pengetahuan bola gw waktu itu sangatlah cethek, tapi plg ga gw tau kalo ketinggalan 10 gol itu bener2 keterlaluan.

Tahun berganti tahun dan gw masih belum respect dgn sepakbola timnas. Dan kenyataannya emang begitu, Indonesia ga pernah lolos jadi juara. Gw juga ga tau apa yg salah, padahal dari segi pemain, kualitas kita juga ga kalah.

Sampai di piala AFF tahun ini. Gw jg pertama rada males buat nonton. Tapi pikiran gw berubah pas tahu kalo Indonesia mencukur Malaysia telak 5-1 di penyisihan. Gw kaget, dalam pikiran gw, timnas pake dukun darimana ya kok bisa menang ancur gitu?? Setelah itu gw memutuskan buat nonton pertandingan selanjutnya antara Indonesia vs Laos. Darisitu gw menyadari 3 hal:

1. Pelatih ganti. Biasanya kita uda kepentok ama Beni Dolo mulu, yg dari Dolo juga ga pernah ganti2. Gw ngerasa si Alfred Riedl adalah salah satu pelatih yg aneh, masak pas timnas ngegolin dia ga seneng sama sekali? senyum pun kagak. Gw pikir pertama dia punya penyakit yg buat dia jadi susah senyum, seperti ambeien atau wasir.Ternyata ga, itu emang kebiasaannya.

2. Susunan pemain ganti, pemain2 tua macam boas,budi sudarsono, uda ga diikutin lagi. Pemain lain macam BP, hanya menjadi cadangan. Gantinya starter diisi oleh pemain-pemain muda seperti yongky aribowo,okto,dsb. Gw jg pertamanya pangling, kok byk yg beda gini, tapi setelah gw ngeliat performanya langsung, gw nyadar, inilah salah satu kelebihan pelatih Riedl

3. Ada pemain bule nyasar, eh ga ding itu pemain naturalisasi. Naturalisasi adlah pemberian kewarganegaraan terhadap WNA oleh presiden. Gonzales karena dia uda 5 tahun lebih menetap,Irfan karena ayahnya adalah WNI. Overall, skill mereka sangat bagus, bisa bekerjasama dgn pemain lain walaupun agak berbeda rupa dan warna kulit,hehe. Kombinasi pemain lokal dan pemain naturalisasi inilah yg dianggap kelebihan timnas saat ini. Keduanya memiliki potensi

Last but not least, adalah suporter kita. Dari berbagai macam daerah, mereka susah payah dtg ke jakarta untuk memberi dukungan timnas kita. Mereka tahu konsekuensi bahwa suara mereka tdk akan didengar karena tertutup oleh gemuruh suporter lain, tapi mereka sadar betul, dukungan mereka sangat berarti bagi timnas, sekecil apapun.
Dan inilah refleksi gw buat Garuda kita. Gw bkn tipe org yg ngasih solusi atau refleksi langsung secara eksplisit. Dari poin2 yg gw sebut, gw yakin kalian tahu apa yg gw maksud.
Walaupun di akhir ternyata kita kalah lagi, gw sendiri ngerasa kita udah menang..

"Kita memang kalah, tapi kita berhasil memenangkan hati seluruh rakyat Indonesia" -BP-

Sadar ato tidak, nasionalisme dan kebersamaan kita sebagai rakyat Indonesia tumbuh pada event seperti itu.

Happy new year everyone!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar