Minggu, 15 November 2009

Duplikasi

Pernah liat iklan rokok (gw lupa namanya) yang ceritanya ada seorang cowok yang ngambilin selendang punya si cewek dan ternyata setelah dikasih selendangnya si cewek ternyata kembar,,trus dengan nepsongnya si cowok bilang..

"Waahhhhh..", trus ada suara naratornya bilang "Twins, lebih mantab.."

Which means, I will talk about duplication

Duplikasi bagi kebanyakan orang dianggap menguntungkan. Ambil contoh iklan tadi. Beruntung banget si cowoknya ternyata cewek yang ditolongnya kembar. Kasus lain ketika kita beli makanan di kantin. Ga jarang ada orang yang beli makanan,misalnya bakso ketika dia cuma pesan 7 buah bakso ternyata dikasihnya ampe 14 bakso (buset, tu laper ato rakus?). Kasus lain mungkin bagi kita anak informatika adalah duplikasi (redundansi) pada sistem basis data. Konsepnya adalah menduplikasi setiap data sebagai backup. Redundansi diperlukan agar data tetap aman dan recoverable ketika terjadi system failure atau crash. Konsepnya sama seperti kita mempunyai ban serep, ketika ban utama kita bocor (failure) maka kita bisa langsung menggantinya dengan ban serep. Itulah konsep dari redundansi..

Bagi yang tiba2 mual setelah membaca penjelasan terakhir, mohon hubungi dokter terdekat..

Tapi sayangnya tidak semua duplikasi itu baik, ambil contoh iklan di awal tadi. Masih untung yang berduplikasi ternyata si cewek, gimana kalo yang berduplikasi ternyata om-om?? ato ternyata ceweknya berduplikasi tapi belakangan diketahui kalo dia cowok? kan bisa BERABE!!

Dan gw pernah punya pengalaman dengan duplikasi...yang buruk..

Liburan semester genap kemaren gw isi dengan program geladi (baca: PKL ala IT Telkom), dan gw bekerja sebagai surveyor di Divre V Telkom Jawa Timur. Bahan survey gw adalah mengenai produk baru Telkom yang bernama IPTV dan kita (mahasiswa IT Telkom yang sedang geladi) disuruh untuk menyurvey dengan motif untuk melihat pasar. FYI, gw sebenernya sih seneng2 aja kalo disuruh survey, asal respondennya BEBAS..

Dan untuk survey kemaren target respondennya adalah pengguna speedy,,which means rumah yang akan gw datangi adalah rumah-yang-dari-luar-gede-banget-tapi-ternyata-cuman-ada-pembantunya. Kesulitannya? JELAS SULIT! gimana ga, kita harus muter2 nyari tempat yang sesuai dengan alamat dan ternyata setelah nyampe di rumah yang dituju, cuma ada 2 jawaban:

1. "Maaf mas, lagi ga ada orang" (pengen gw jawab, "Lha situ sapa?")
2. "Guk, guk, guk, hrrrraaugkk!" (masa gw survey ma anjing??)

Tapi ga semua responden, ada responden yang cukup ramah, dan rata2 mereka rumahnya yang berada di tengah kampung bukan di perumahan (sori, no offense bagi yg merasa). Tidak ada masalah?sapa bilang..permasalahan duplikasi dimulai..

Suatu waktu gw nyoba untuk nyurvey rumah seseorang di Jl. Petemon IV no.220. Quite simple? watch this. Begitu gw nyampe di gang (rumahnya masuk gang lagi) dan nomor yang dituju,gw ketuk pintu:

Gw: "Assalamulaikum.."
Terduga ibu ***: "Waalaikumsalam..ya cari sapa ya dek?
Gw: "Ni benar dengan rumahnya ibu ***?"
Terduga ibu ***: Waduh, bukan itu dek,alamatnya benar ga?
Gw: "Jl. Petemon IV no.220"
Terduga ibu ***: Oo kalo no.220 sebelah juga nomornya 220 dek"
Gw: "...Terima kasih bu (sambil cengok)"

Gw heran,gw liat nomor rumah sebelah,nomornya 220! belum ampe gw ketuk gw da punya feel bakal salah lagi, gw tengok rumah sebelahnya,nomornya juga 220! gw tengok rumah sebelahnya lagi, sebelahnya lagi, sebelahnya lagi ampe pojok gang, dan ternyata... SEMUANYA NOMOR 220!!

Mungkin karena kasihan ngeliat gw mondar-mandir kaya orang kesurupan ada satu ibu memberanikan diri tanya ke gw, "Dek,kalo boleh tau cari sapa ya?". Trus gw jawab,"Nyari ibu ***". Akhirnya si ibu tadi langsung nanyain ke satu gang sapa tau ada yg namanya ibu ***, dan ternyata ga ada yang tau! malah si ibu nyaranin buat ke gang sebelah,lho kok?? Dengan kepusingan yang amat sangat gw keluar gang dan ngeliat ternyata ada satu gang kecil persis sebelah gang yang gw masukin tadi. Gw coba masuk dan gw menemukan satu fakta mengejutkan..

Ajigilebujugbunengbenerbenerdahniorangorangudahpadaedankaliyak...SEKARANG ADA 2 GANG DAN SEMUANYA BERALAMAT DI JL.PETEMON IV 220!!

Gw udah geleng2 kepala ga berhenti aja rasanya. Gw heran, ni emank rumah-rumah kehabisan nomor ato sekarang lagi trend rumah dengan nomor yang sama? gw ga habis pikir, tu ngurus akte tanah ma rumahnya gimana?masa difotokopi? trus ntar kalo ada orang yg bernasib sama kayak gw gimana? (contoh: tukang paket). Nomor rumah gw aja walaupun duplikasi tapi ada tandanya kayak 50A, 50B, dst, nah ini bener2 semuanya sama! So,daripada gw stroke di tempat kebanyakan mikir,gw lepas aja tu responden n gw cabut pulang.

Now that's the duplication for you..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar