Minggu, 15 November 2009

Gokana Teppan?

Jepang, seperti yang kita tahu adalah salah satu negara maju yg disetiap bidangnya berkembang pesat, salah satunya adalah kuliner. Gw,yang dari kecil uda terbiasa dengan masakan Indonesia khususnya masakan jawa, ketika pertama kali makan masakan jepang,senengnya bukan main. Maklum gw waktu kecil dulu banyak terpengaruh oleh anime-anime yang bertema masakan. Alasannya simple: "Entah kenapa setiap lihat makanannya berasa udah kenyang", padahal realitanya setelah tu anime selesai maen pasti gw ngerasa laper banget, terbukti dengan danau iler yang tercipta hasil ngeliat makanan di film.

Pertama kali makan masakan jepang pas gw masuk sma (ok telat banget,gw tau)di hoka-hoka bento dan tu.. bener2 malu-maluin. Gw berasa kayak orang udik setiap kali masuk sana. Why? ada 2 penyebab:
1. Gw punya tendensi ketika gw ga tahu sesuatu atau bingung cara ngucapinnya, pasti dengan lugunya gw tunjuk tangan dan bilang dengan polosnya, "Yang itu lo mbak..yang kayak ini ini..". Butuh waktu emank,layaknya PS waktu mo ngeload gamesnya, tapi untungnya sebagian besar mbak-mbak penjual yang gw gituin tahu yang gw maksud dan ga sempat manggil sekuriti karena ngira gw orang gila yang cuma bisa bilang ini itu,hehehe. Kalo uda gitu,paling mbaknya cuman senyum-senyum sambil berkata mantab dalam hati, "Bego lu!"

2. Gw,yang sifatnya emank pemalu dan sangat malu-maluin, terbiasa untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk menghindari rasa malu. Hal itu, sering gw lakuin di restoran, khususnya restoran jepang. Biasanya gw lakuin ketika di kasir (kalo lagi di hokben). Setelah selesai bayar,selalu ada satu benda yang ga lupa gw copet dari tempat kasir, SENDOK. Berdasar pengalaman pertama gw make sumpit, gw nyadar kalo makan dengan 2 batang kayu itu susah,cara megangnya susah, nyumpitnya susah, 10 menit makan, gw cuman bisa ngambil 10 butir nasi. Daripada gw naek darah n nyulek orang pake sumpit, mendingan gw pergi ke kasir minta satu buah sendok, selesai. Beuhhh,makan aja kok ribet..

Tapi namanya setiap proses pembelajaran pasti ada hasil yang cemerlang. Layaknya rocky balboa yang terus berlatih dan akhirnya bisa jadi juara dunia, gw pun akhirnya sedikit-sedikit bisa menghilangkan sikap kekatroan gw yang uda stadium 4. Sekarang gw da terbiasa pake sumpit, bahkan makan sup pun gw pake sumpit,weits... Untungnya sifat sumpitisme gw ini tidak merambat ke hal yang selaen makanan. Ga kebayang kalo gw entar ngorek upil pake sumpit pula (keren sekaligus ngeri). Selain itu, gw sekarang,tau sebagian besar dari nama masakan jepang, seperti tempura , onigiri, katsu, teriyaki (adeknya teri jengki), sukiyaki, shabu-shabu (makanan, bukan narkoba), dan sushi semilikiti weleh-weleh..

Bagi gw, tu adalah lompatan besar dari yang semula tingkatan gw adalah "ndeso" naek tingkat jadi "sedikit ndeso", it's a huge leap you know! tapi bagi sebagian orang that's not enough.

Kejadian ini gw alamin kemaren sore abis nganterin temen gw, Andrian dari BEC buat beli hape baru. Perut gw yang sudah 3 bulan menginginkan kebutuhan gizi yang cukup, memaksa gw untuk sekali-sekali makan yang enak, saat itu kebetulan gw lagi pengin banget hokben. Berbekal semangat 45 gw naek ke lantai 5 tempat foodcourt. Uda nyampe disana,ehh dasarnya si aan ga punya sense of serious (kebalikan dari sense of humor), pas gw suruh nunggu coz gw mo beli hokben, ternyata eh ternyata dia udah turun aja tuh pake eskalator sambil dadah2, dikira gw boong. Buset dah..

Tapi dasarnya perut gw uda nepsong banget gw ga kurang akal,langsung gw bilang aja ke aan ntar berhenti sebentar di hokben buah batu. Nyampe di hokben buah batu, keadaan bisa dibilang rameee banget. Ya udah,gw ngantri, si aan duduk di meja sambil utek2 hape barunya. Di antrian, depan gw persis, ada cowok umur 23 tahunan pake jaket motor ikut ngantri. Pas udah giliran dia, ditanyainlah ma mbak-mbak penjualnya:

Penjual: "Iraishaimasen (selamat datang), mau pesan apa?
Cow: "Gokana Teppan mbak satu."
Penjual: "?????...Yang mana ya mas?"
Cow: "Itu yang disitu" (sambil nunjuk sebuah gambar makanan)
Penjual: (ngeliat arah yang ditunjuk) "Ooo maaf mas itu namanya .....(gw lupa namanya)"
Cow: (nyadar dia nunjuknya salah,ngerasa dibohongin,panik,dia langsung buka sms dari hapenya,kayaknya tu pesenan dari temennya)
Penjual: (senyum-senyum ngeliatin si cow sambil berbisik ma temen sebelahnya, "ni orang kayaknya salah deh..")
Cow: (ngerasa terpojokkan,mempersilahkan gw duluan sambil dia buka2 smsnya) "silahkan mas duluan.."

Gw maju sambil menahan ketawa dalam hati gw, kasihan juga sebenernya. Bukannya pengin ngeledekin tapi gw juga nyadar kalo dulu gw pernah gitu juga. FYI, Gokana Teppan adalah salah satu restoran jepang yang cukup elit dan terkenal di bandung yang bener2 bermodel restoran,bukan fastfood kayak hokben. Harganya? jangan tanya, satu ramen bisa ampe 30 rb! tu mah sama dengan gw ngemi untuk 10 hari. Tapi yang bikin gw ketawa sebenarnya bukan itu, tapi fakta bahwa ternyata tu restoran jaraknya cuma sekitar 500 meter dari hokben buah batu! well, either he don't look around or maybe he really doesn't know that it was a restaurant. Pas gw lagi mesen,nunggu buat bayar, n pas bayar gw liatin aja tuh orang kayaknya masih bingung dengan titipan pesenan yang dia dapat. Akhirnya setelah gw selesai bayar barulah dia bergerak, entah ternyata dia yang salah atau temannya, yang penting dia udah pesan sesuatu sekarang,wkwkwk.

Pelajaran yang dapat dipetik: Tolong bagi para titipers (sebutan bagi orang yang suka nitip), nitip itu halal hukumnya asal kasih keterangan yang jelas deskripsi barang yang dititipin. Jangan sampe di tempat si eksekutor bingung ma barang titipannya bahkan bisa salah masuk restoran,ckckckckckck. So, mulai sekarang hargailah para eksekutor barang titipan..

xixixixixixixixixixi.........

2 komentar:

  1. Eaaa~~..

    dach lma pnya blog mas???

    jdi pgen jga nih ngbwt..
    :D

    blognya lmyaaaaann~~~

    oh yaaahh..tmbahin emote2 yg lucu masss..
    biar ga monoton tulisan smua..^^

    BalasHapus
  2. hehehe iya ya,,uda lama sih sbenernya..tapi masih bingung kalo mo nambah emoticon. Maklum kalo da crita lupa semuanya,hehehe. Thx ya rin..

    BalasHapus